Minggu, 31 Mei 2015

BOLEHKAH NAIK PESAWAT SAAT HAMIL



BOLEHKAH NAIK PESAWAT SAAT HAMIL???

Oleh: dr.Raz Fides Umi Rahmawati,Sp.OG,MKes


“Berpergian dengan pesawat untuk keluar kota dengan jarak tempuh yang cukup jauh tentu lebih efektif dari segi waktu, namun apakah naik pesawat cukup aman bagi ibu hamil????”
Pada dasarnya berpergian dengan pesawat aman ketika hamil. Dengan catatan, kondisi kehamilannya dipastikan sehat tanpa komplikasi atau penyakit penyerta lainnya. Kapan Boleh terbang ??? Sebaiknya pada saat kehamilan berusia di atas 12 minggu-di bawah 36 minggu, dan sampai 32 minggu untuk hamil kembar. Pada usia 12 minggu kehamilan di atas 12 minggu, ibu hamil sudah melewati masa-masa mual dan kondisi kehamilan sudah lebih stabil dan kondisi fisik sang ibu sudah lebih kuat.
Sebelum usia kandungan mencapai 12 minggu, sebaiknya ibu hamil tidak naik pesawat. Dikhawatirkan kondisi ibu dapat menimbulkan risiko gangguan lainnya,yang terparah dapat terjadi keguguran. Maka dari itu sebelum berpergian sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu untuk memastikan sejauh mana kondisi kesehatan ibu dan kandungannya.
Terutama jika sebelumnya pernah menderita beberapa hal ini. Seperti pernah mengalami perdarahan selama kehamilan, kencing manis, rasa mual berlebihan di pagi hari, pernah keguguran, hipertensi/darah tinggi, penyakit jantung hingga preeclampsia/eklampsia. Karena jika dipaksakan terbang dalam kondisi kehamilan yang tidak memungkinkan,bisa terjadi risiko gangguan ringan hingga berat. Seperti keguguran pada kehamilan awal, lahir sebelum waktunya, sumbatan pembuluh darah, sampai dehidrasi yang dapat berakibat fatal bagi kondisi ibu dan janin.
Risiko gangguan ringan bisa dialami seperti perut kembung, telinga berdenging, perut berkontraksi, hingga kram dan pembengkakan pada kaki atau mata kaki.Kondisi itu umumnya terjadi selama penerbangan diatas 3-5 jam. Sementara gangguan yang lebih serius berupa pembekuan darah (blood clots/thrombosis). Gejalanya terjadinya pembengkakan nyeri dan merah pada bagian belakang kaki terutama dibawah lutut. Penyebab kedua gangguan tersebut adalah kurang lancarnya peredaran darah.

TIPS Bagi Ibu Hamil Naik Pesawat…..
1.    Jauh hari sebelum berangkat: periksakan diri ke dokter kandungan terlebih dulu. Cek  Info seputar rumah sakit atau pertolongan medis ditempat tujuan anda.
2.    Pada hari keberangkatan dan saat penerbangan, tibalah di bandara jauh lebih awal agar anda lebih santai ketika melalui proses check-in dan security. Terburu-buru dibandara dapat menimbulkan stress dan itu bukan awal yang baik untuk memulai penerbangan terutama bagi ibu hamil.
3.   Begitu sampai dipesawat, usahakan untuk ke toilet terlebih dahulu. Ini berguna jika ternyata pesawat delay take off dan penumpang sudah tidak diperbolehkan ke toilet.
4.    Beritahu petugas di counter check in bandara tentang keadaan anda agar mereka dapat mempersiapkan kebutuhan anda sebaik mungkin.
5.    Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman, sepatu yang nyaman dan compression stocking.
6.    Kenakan seatbelt (sabuk pengaman) tepat dibawah perut.
7.    Minum air dan juice yang banyak untuk menghindari dehidrasi selama penerbangan.