Senin, 01 September 2014

“Salah Kaprah” Demam


“Salah Kaprah” Demam
dr. Silvy Rahmah Yanthy




Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37.5 derajat celsius. Infeksi ringan hingga parah bisa menyebabkan demam. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit.Demam dianggap sangat tinggi dan berpotensi berbahaya jika suhu tubuh mencapai 39° celcius atau lebih. Suhu tubuh yang sangat tinggi menandakan terjadinya infeksi yang serius di dalam tubuh.Demam sering kali akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.
Pemeriksaan suhu tubuh yang paling tepat adalah menggunakan termometer. Jangan mengandalkan rabaan tangan untuk memastikan demam atau tidak. Demam belum tentu menjadi kondisi yang serius, tapi ada beberapa situasi yang memerlukan bantuan medis secepatnya. Hal-hal yang yang harus diperhatikan yang selama ini salah kaprah di masyarakat adalah Anak Demam, langsung diberi obat.
Anak demam tak harus langsung diberi obat. Karena ada demam yang disebabkan oleh penyakit tertentu yang dapat sembuh dengan sendirinya. Demam dapat terjadi karena anak terlalu lama bermain dibawah terik matahari. Sekalipun demam, jika  anak masih mau bermain, masih mau makan, dan nafsu makannya baik, serta masih mau minum; maka tidaklah bijak jika langsung diberi obat-obatan.
Jika suhu tubuh anak sudah diatas 38 derajat Celcius,  anak perlu diberi obat penurun panas. Jika anak memiliki riwayat kejang, demam, epilepsi obat penurun panas dapat diberikan begitu panasnya diatas normal. Demam, kompres pakai air dingin. Jika anak demam, hal yang kaprah kita lakukan adalah mengompresnya dengan air dingin. Hal ini akan menyebabkan anak menggigigil, bahkan juga dapat memperburuk gejala demamnya. Yang terbaik adalah kompres anak demam dengan air hangat.
Demam, memakai baju tebal dan hangat.
Tindakan ini kurang bijaksana. Jika anak demam dan memakai baju hangat, maka demam atau panas anak tersebut akan tertahan oleh pakaian hangatnya. Gantilah baju hangat, pakaikanlah baju tipis dan yang nyaman dipakai oleh anak.Demam, menyebabkan kerusakan otak.Demam tak selalu (tidak semuanya) menyebabkan kerusakan otak. Kerusakan otak akan terjadi jika demam disertai kejang dan suhu diatas 42 derajat Celcius.
Demam, tidur di ruang ber-AC.
Dibenarkan anak yang demam tidur dikamar ber-AC. Jika memang kamar ber-AC. Dengan catatan, suhu kamar tidak terlalu dingin, usahakan suhu kamar berkisar antara 24-26 derajat Celcius. Bacaan pembanding: Delapan Belas Derajat Celsius.
Kompres dengan alkohol saat anak demam.
Katanya mengompres dengan alkohol pada anak yang sedang demam tinggi akan menurunkan suhu tubuh. Benarkah? Alkohol yang sering digunakan untuk kepentingan medis berkadar 70% dan sangat toksik karena mudah sekali diserap oleh kulit. Secara fisis, alkohol memang terasa dingin, namun tidak mempengaruhi suhu tubuh secara internal. Kalau kompres alkohol dilakukan, sama saja seperti kita memberi anak minum alkohol karena efek samping yang timbul sama. Kompres yang benar adalah dengan air hangat, diusapkan ke seluruh tubuh dengan kain lembut selama beberapa menit.
Membalur anak dengan bawang merah saat demam .
Ini resep warisan dari jaman baheula nih. Memang benar bawang merah bersifat melebarkan pembuluh darah, sehingga menurunkani suhu tubuh. Sayangnya bawang merah bersifat iritatif bagi kulit sehingga pada beberapa anak akan timbul kelainan di kulit seperti luka bakar ringan. Bau bawang yang menusuk juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada anak, padahal pada anak yang demam rasa nyaman sangat membantu. Jadi hati-hati ya memberikan kompres balur bawang.
Tumbuh gigi disertai demam.
Pada beberapa anak terkadang didapatkan demam dengan derajat rendah (<38 0 C) saat sedang tumbuh gigi, terutama apabila gusi sedang bengkak. Namun tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa anak tumbuh gigi selalu demam. Kejadian demam yang bersamaan dengan kejadian tumbuh gigi harus dicari penyebab lainnya, apalagi bila suhunya >38,5 C.
Kopi dapat mencegah/mengobati kejang demam.
Ada yang menyarankan saat anak sedang kejang, diberikan minum kopi/kopi bubuk. Wah, ya tidak benar dong! Jangan sekali-kali memasukkan apapun ke mulut anak yang sedang kejang, termasuk kopi. Salah-salah nanti malah tersedak dan masuk ke saluran nafas, anaknya justru berhenti bernafas. Tidak ada manfaat apapun dari kopi dalam mencegah/mengobati kejang demam. Anak dapat kejang saat demam karena adanya gangguan hantaran listrik di otak sehingga menimbulkan bangkitan kejang dan risikonya meningkat apabila terdapat riwayat kejang pada orangtuanya atau sudah memiliki kelainan neurologis tertentu. Pemberian minum kopi setiap hari juga tidak berpengaruh dalam rangka pencegahan pada anak yang sudah memiliki riwayat kejang. Kafein pada kopi bahkan lebih banyak bersifat mudharat daripada manfaatnya. Si anak bisa gelisah, tremor dan hiperaktif. Kafein juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat sehingga si anak mengeluh sakit perut.
Dari uraian di atas sangatlah penting untuk bijak menghadapi deman, tidak terlalu panik, tapi tidak juga menyepelekan . seperti iklan, bila demam berlanjut hubungi kami....