Selasa, 05 Juli 2011

MENGENAL LEBIH DEKAT PENYAKITSLE (Systemic Lupus Erytematosus)

 MENGENAL LEBIH DEKAT PENYAKIT SLE (Systemic Lupus Erytematosus)
 APAKAH PENYAKIT SLE ATAU PENYAKIT LUPUS ITU ?
dr. Atik Yuniani, Sp.PD
(Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSI-Siti Hajar)
Penyakit lupus adalah peyakit keradangan yang bersifat kronis (menahun) yang di dalam perjalanannya bersifat fluktuatif, ditandai dengan periode  tenang dan periode kambuh (eksaserbasi, flare) yang silih berganti. Banyak mengenai wanita muda, dimana wanita 9 x lebih banyak daripada laki laki.
Hal tersebut terjadi karena adanya kelainan pada sistem imunitas tubuh, dimana sistem imunitas tubuh gagal mengenali sel tubuh sendiri, sehngga sel tubuh sendiri dianggap lawan akibatnya terjadilah keradangan sebagai bentuk perlawanan dari tubuh kita terhadap sel tubuh sendiri, sehingga disebut penyakit otoimun.. Keradangan ini bisa terjadi di mana mana sehingga menimbulkan gejala sesuai dengan organ yang terkena.
BAGAIMANA MENGENALI PENYAKIT LUPUS ?
Disebut juga dengan penyakit seribu wajah karena gejalanya dapat menyerupai peyakit apa saja. Gejala umumnya sangat tidak khas,yaitu dapat berupa panas badan yang tidak jelas penyebabnya, ruam pada kulit, sakit dan pembengkakan sendi, bahkan kadang hanya berupa  kelelahan yang tidak sewajarnya. Dapat juga disertai keluhan rambut rontok, penurunan berat badan, maupun gangguan menstruasi.
Dapat mengenai banyak organ sehingga gejalanya menyerupai gangguan di organ tersebut, misalnya sistem saraf pusat : depresi, kejang, stroke,kelainan darah dapat berupa anemia, kurangnya sel darah putih, kurangnya jumlah trombosit, sel darah merah rapuh, dll. Pada sistem otot dan sendi dapat berupa nyeri, kemerahan, maupun pembengkakan pada sendi. Kelainan pada kulit ruam  kemerahan pada pipi kanan kiri menyerupai kupu-kupu (khas), biduran, ujung ujung jari terasa dingin. Dapat kelainan muncul pada paru-paru, jantung, ginjal,maupun pada sistem pencernaan, dll
APA YANG HARUS DIHINDARI UNTUK MENCEGAH KEKAMBUHAN PADA LUPUS ?
Pencegahan dilakukan secara umum yaitu dengan menghindari kelelahan fisik maupun psikis, hindari paparan terhadap matahari secara langsung utamanya antara jam 09.00 – 15.00, melakukan kontrol rutin ke dokter untuk memandu pengobatan.

APAKAH PENYAKIT LUPUS MENULAR ?
Penyakit lupus tidak menular, karena bukan merupakan penyakit infeksi.

APAKAH PEYAKIT LUPUS BISA DISEMBUHKAN ?
Penyakit lupus bisa dirawat, prinsip pengobatannya adalah :
1. menekan aktifitas penyakit
2. mencegah progresifitas penyakit
3. memantau efek samping obat, mengingat pengobatan peyakit ini selalu jangka panjang dan seringkali lebih dari 1 macam obat

BAGAIMANA MENENTUKAN SESEORANG MENDERITA PENYAKIT LUPUS ?
Memang tidak mudah menegakkan diagnose penyakit lupus ini, diperlukan pemeriksaan yang teliti dan hati hati, harus dengan teliti menanyakan keluhan pasien bahkan untuk kejadian kejadian yang sudah lalu untuk meruntut gejala gejala yang muncul, karena gejala tersebut tidak datang bersamaan, dapat dalam hitungan bulan bahkan tahun, sehingga seseorang baru dinyatakan sakit lupus setelah gejala gejala dikumpulkan dantidak ditemukan penyakit lain yang menjadi penyebabnya.
Untuk mempermudah menegakkan diagnose penyakit lupus, ada  panduan pengelompokan gejala. Apabila didapatkan 4 gejala dari 11kelainan di bawah ini, sangat boleh diduga seseorang menderita penyakit lupus, tentu  saja hal tersebut dinyatakan oleh dokter yang sudah terlatih.
11 ciri ciri penyakit lupus :
1. ruam di wajah berbentuk kupu-kupu (malar rash, khas pada lupus)
2. Ruam pada kulit berbentuk koin yang khas (diskoid lupus)
3. silau pada sinar matahari (fotosensitif)
4. luka luka di rongga mulut, sariawan uang sering berulang
5. radang pada sendi (arthritis)
6. adanya penumpukan cairan di rongga tubuh (rongga perut, rongga paru, rongga jantung)
7. gangguan pada ginjal
8. gangguan pada saraf dan kejiwaan
9. kelaianan dalam darah
10. Kelaiainan imunologis
11. Tes ANA positip
Demikian sekilas mengenai penyakit lupus, semoga bermanfaat.