Kamis, 08 Maret 2018

RSI Siti Hajar Akan Dirikan Gedung Tahap Delapan

Memasuki usia ke-55, Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar akan membangun gedung tahap 8 terdiri 7 lantai di halaman parkir sebelah barat. Pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya.

"Ke depan, RSI Siti Hajar mempunyai program membangun gedung tahap 8. Di tahap ini ada 7 lantai. Lantai 1 untuk parkiran, lantai 2 untuk pelayanan, 3, 4, 5, dan 6 untuk rawat inap, sementara lantai 7 untuk lapangan olah raga," kata Direktur RSI Siti Hajar Sidoarjo dr H Hidayatullah, Sabtu (24/2).

Manajeman RSI Siti Hajar juga mencanangkan slogan Green and Smart Hospital. Hijau bernuansa NU, dan menerapkan sistem operasional yang rama lingkungan. Apalagi, saat ini RSI Siti Hajar meraih penghargaan pengelolah limbah terbaik se-Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan smart, rumah sakit cerdas yakni RSI Siti Hajar bakal menerapkan IT termasuk salah satunya pendaftaran online untuk pasien.

"Paradigma rumah sakit selama ini rumahnya orang sakit. Tetapi RSI Siti Hajar rumahnya orang sehat. Karena kami mencanangkan rumah sehat seperti mendirikan videotron, ruang pertemuan yang bisa digunakan oleh Banom NU dan pujasera. Meski banyak sekali prestasi dan pembangunan yang dilakukan rumah sakit, namun kami mengakui masih banyak kekurangan," terang dokter spesialis saraf itu.

Ia menjelaskan, RSI Siti Hajar setiap tahun mendapatkan penghargaan Zero Accident tingkat nasional yang terbaru pada Januari 2018 yang diberikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI.

"Tahun 2019 kami upayakan dapat akreditasinya karena mulai Tahun 2014 RSI juga sudah menerima pasien BPJS (Jamkesmas). Apalagi mulai 2017 ada layanan klinik beda plastik, ortopedi, hemodealisa, trauma center, ruang operasi baru, alat operasi katarak terbaru," jelasnya.

Sementara obsesi yang belum terealisasi yakni pada pertengahan tahun ini bakal dibuka layanan jantung dan syaraf intervensi. Membina satu desa sehat serta memfasilitasi pembukaan poliklinik di setiap kecamatan.

"Jadi kalau terealisasi untuk pasang ring jantung tak perlu keluar negeri, cukup ke RSI ada ahli syaraf dan jantungnya. Oleh sebab itu kami mohon doa dari para kiai untuk pembangunan dan kemajuan RSI Siti Hajar Sidoarjo," pungkasnya. (Moh Kholidun/Alhafiz K)