banner



Tabir Surya, Sudahkah Anda Gunakan dengan Tepat?


dr.Laissa Bonita,Sp.DV,M.Ked.Klin



Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan karena bisa merangsang tubuh memproduksi vitamin D, namunbila terapar terlalu lama dan tanpa perlindungan dapat berakibat kulit terbakar, penuaan dini bahkan kanker kulit. Tabir surya merupakan salah satu pelindung kulit dari dampak sinar matahari dengan memfilter atau menghambat UV A dan UV B sehingga mencegah terjadi akibat buruk dari sinar matahari.

Pada tabir surya sering mencantumkan  SPF dan PA+. Label SPF atau Sun Protection Factor merujuk pada persentase perlindungan dari radiasi UVB yang mengakibatkan kulit terbakar. Pemilihan SPF bergantung pada warna kulit, karena halini juga dipengaruhi oleh efek proteksi dari melanin (zat yang memberi warna pada kulit).Sedangkan label PA atau Protection grade of UV A menawarkan pelindungan terhadap radiasi UV A yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Semakin banyak tanda plus (+) pada PA menunjukkan semakin tinngi perlindungannya. Sehingga sangat disarankan pemilihan tabir surya broadspectrum dalam arti memiliki perlindungan terhadap keduanya.
Cuaca tidak memberikan pengaruh. Gunakan baik pada musim apapun, baik pada cuaca panas atau mendung. Aktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Jika akankeluar rumah atau beraktivitas di bawah sinar mataharigunakan tabir surya 15 menit atau 30 menit sebelumnya. Tidak hanya wajah yang harus terlindungi, seluruh tubuhpun sama pentingnya. Agar perlindungan maksimal, jumlah penggunaan juga harus sesuai. Seberapa banyak penggunaan tabir surya yang sesuai ? Oles sekitar 2 sendok makan tabir surya ke seluruh tubuh dan 2 sendok tehuntuk tabir surya pada wajah.Daya tahan perlindungan tabir surya terbatas. Rata-rata hanya mampu melindungi selama 2-3 jam sehingga pemakaiannya harus diulang tiap 2 jam. Jika kulit berkeringat atau berenang maka aplikasikan lebih sering dan pilih tabir surya dengan label water resistant. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa pada setiap produk, tidak disarankan penggunaan produk kurang dari 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa.
Tidak hanya wanita yang memerlukan tabir surya. Pria dan anak-anak juga dapat memakai tabir surya. Kandungan tabir surya yang akan digunakan pada anak-anak harus dipastikan aman karena kulit anak sangat sensitif. Jangan gunakan tabir suya pada bayi dibawah usia 6 bulan karena pada dasarnya tidak diperbolehkan terkena sinar matahari terlalu lama pada usia tersebut. Cara terbaik gunakan pelindung misalnya topi, baju atau celana panjang saat keluar rumah. Pada orang dewasa pun, meski telah menggunakan tabir surya dengan jumlah dan pengaplikasian ulang yang tepat, tetap tidak dapat 100% melindungi dari radiasi UV. Penggunaan pelindung lain seperti memakai kacamata hitam,baju panjang, topi lebar, atau payung tetap penting untuk mencegah paparan langsung sinar matahari. Sehingga kunci utama penggunaan tabir surya adalah jumlah dan waktu pengaplikasian ulang yang tepat, selain itu perlindungan lain juga tetap digunakan terutama saat beraktivitas di luar rumah. Jangan lupa gunakan tabir surya setiap hari ya!

Selamat Datang di Website Resmi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo " Kesembuhan dan Kepuasan Pasien Adalah Segalanya Bagi Kami "