Sesak nafas tiba-tiba ? Ini cara mengatasinya


Oleh : dr. Yudhistira

Bernapas merupakan proses vital bagi makhluk hidup. Seluruh makhluk hidup bernapas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk manusia. Sesak nafas adalah kondisi dimana ketika paru-paru tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga nafas menjadi lebih cepat, pendek dan memburu rasa nya.

Jadi ketika sesak nafas ada penyempitan saluran pernafasan pada bronkus yaitu cabang paru-paru atau alveoli seperti kantong di paru-paru.


Ketika ini terjadi maka bronkus atau saluran pernafasan akan memproduksi lendir lebih banyak. Nah, lendir ini yang bisa mengakibatkan penyempitan saluran pernafasan sehingga oksigen menjadi berkurang masuk ke dalam paru-paru, dan akibatnya ada gangguan pertukaran oksigen dan karbondioksida maka timbulah sesak nafas.

Banyak yang mengira kalau sesak nafas itu sudah pasti gejala asma. Padahal belum tentu. Masalah pernapasan ini bisa diakibatkan oleh banyak hal lainnya. Maka, orang yang tidak punya asma pun bisa saja mengalami sesak napas.

Ada tips sederhana untuk mengatasi sesak nafas sebagai berikut.

1. Berikan ruangan yang luas dan hindari pakaian yang ketat

Biasanya jika terjadi sesak nafas orang akan berkumpul maka oksigen di sekitar akan berkurang. Berikan ruang yang luas dan tenang lalu langkah selanjutnya adalah membuat penderita berada dalam posisi yang ideal bagi mereka.



2. Cari udara bersih dan hindari paparan asap rokok

Menghirup udara bersih dengan langkah-langkah sederhana seperti menjaga jendela agar ditutup ketika udara panas dan berdebu, menggunakan pendingin udara dan menjaga filter udara yang bersih dapat membantu menjaga udara yang Anda hirup bebas dari polutan.

3. Mengendalikan tingkat stres

Stres akan menekan pikiran menjadi sangat berat, kemudian membuat kapasitas paru-paru tidak seperti semula atau biasanya. Hal ini menyebabkan oksigen tidak bisa masuk ke tubuh dengan baik. Beberapa usaha yang dapat  menurunkan tingkat stres seperti, membuat pikiran menjadi santai, melakukan olahraga ringan, menghindari panik, dan mengurangi stres sendiri.

4. Minum kopi

Sebuah penelitian menunjukkan kafein melemaskan otot-otot saluran napas penderita asma. Cara ini dapat meningkatkan fungsi paru hingga empat jam. Sambil mengatasi sesak napas, Anda juga bisa menikmati kopinya!


Perlu diingat, metode untuk mengatasi sesak napas ini bukanlah sebagai pengganti pengobatan utama namun hanya membantu meringankan gejala saat sesak dirasakan.

Sesak nafas yang perlu di waspadai jika di sertai gejala lain seperti demam tinggi, menggigil, batuk, bengkak di kaki, warna bibir menjadi biru maka segera konsultasikan kepada dokter mengenai pengobatan apa yang tepat.

Itu dia cara mengatasi sesak napas hingga pertolongan pertama sesak napas yang bisa Anda praktikkan dengan mudah dan cepat. Salam sehat.

Selamat Datang di Website Resmi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo " Kesembuhan dan Kepuasan Pasien Adalah Segalanya Bagi Kami "