Breast Cancer Awareness Month

Setiap Bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Kanker payudara merupakan tumor ganas dari payudara, bisa berasal dari kelenjar (lobulus) ataupun salurannya (ductuli), dapat terjadi pada semua usia, dengan prevalensi tertinggi pada usia 45-60 thn. Faktor risiko terjadi kanker payudara: faktor genetik dan atau familial (keturunan), serta adanya paparan hormon estrogen, penyebab kanker tidak ada berkaitan dengan makanan ataupun kebiasaan tertentu lainnya (belum terbukti secara ilmiah).
Cara mendeteksi kanker payudara paling mudah dengan 
1.Sadari (periksa payudara sendiri) dengan cara berikut :



  1. Perhatikan payudara Anda. Kebanyakan wanita tidak memiliki payudara yang ukurannya sama besar (payudara kanan lebih besar atau lebih kecil daripada yang lain).
  2. Letakkan tangan pada pinggang dan tekan kuat-kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
  3. Berdirilah dengan lengan di samping tubuh. Perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara.
  4. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting Anda. Tempatkan jempol dan jari telunjuk Anda di sekitar puting, lalu tekan perlahan mengikuti arah jarum jam, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar
  5. Membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara.
  6. Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan kedua payudara Anda, termasuk di bagian bawah dan ulangi pada payudara yang lain.
2.USG payudara dan atau mammografi yang sebaiknya dikerjakan pada usia diatas 35 tahun meskipun tidak ada keluhan
Perlu diwaspadai kanker payudara jika mengalami gejala sebagai berikut:
  1. Terasa benjolan di payudara dan seringkali tidak berasa nyeri
  2. Terdapat perubahan tekstur kulit payudara, kulit payudara mengeras dengan permukaan seperti kulit jeruk
  3. Pehatikan juga jika etrdapat luka pada bagian payudara yang tidak sembuh
  4. Keluar cairan dari putting
  5. Terdapat cekungan ataupun tarikan di kulit payudara.
  6. Lakukan deteksi kanker payudara sejak dini,
  7. Aku Sadar dengan SADARI untuk Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini.

Oleh : 
PKRS RSI Siti Hajar Sidoarjo
2023
Selamat Datang di Website Resmi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo " Kesembuhan dan Kepuasan Pasien Adalah Segalanya Bagi Kami "